300x250 AD TOP

Services

Elegant Themes

Recent Posts

Senin, 17 November 2014

Tagged under: ,

Sejarah Jaringan Komputer

sejarah,jaringan,komputer


Sejarah jaringan komputer diawali dengan rasa penasaran Departemen Pertahanan Amerika yang ingin menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah ruang lingkung. Departemen yang dikenal dengan singkatan DARPA itu pun akhirnya memutuskan untuk melakukan riset. Walhasil, pada 1970 silam, terbentuklah jaringan komputer yang berhasil menghubungkan 10 komputer yang bisa saling berkomunikasi dan bertukar data. Nama jaringan tersebut adalah ARPANET.

Kemudian, dua tahun setelahnya, ilmuan bernama Roy Tomblinson berhasil memberikan sentuhan magis. Ia telah menyempurnakan jaringan ARPANET dengan menyisipkan program e-mail. Begitu dirilis, program tersebut langsung melesat tinggi kepopulerannya. Kemudian, ia juga mengenalkan beberapa kode khusus dalam e-mail. Seperti ikon “@” yang menunjukkan “at” atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “pada”. Tak berhenti sampai di situ, tahun 1973 jaringan ARPANET terus melakukan inovasi. Jaringan tersebut kemudian meluas hingga luar Amerika. Universitas berbasiskan komputer di London menjadi lembaga pertama yang menjajal canggihnya jaringan ARPANET.

Kemudian, muncul dua ilmuwan komputer yaitu Bob Kahn dan Vinton Cerf mencoba mengenalkan kepada publik sebuah gagasan tentang program International Network (Internet). Ide tersebut dikenalkan pertama kali di Universitas Sussex. Berikutnya, pada 26 Maret 1976 menjadi hari bersejarah dalam perkembangan teknologi komunikasi waktu itu. Sebab, Ratu Inggris telah berhasil mengirimkan sebuah surat elektronik (e-mail) dari Royal Signals & Radar Establishment yang berada di Malvern. Setahun berikutnya, jaringan ARPANET telah membentuk jaringan yang besar dengan anggota lebih dari 100 perangkat komputer.

Tak henti-hentinya, perkembangan terus berlangsung. Kali ini, pada 1979, trio ilmuwan komputer yakni Tom Truscott, Steve Bellovin, dan Jim Ellis berhasil menciptakan program berbasis newsgroups bernamakan USENET. Dua tahun kemudian, perusahaan France Telecom muncul sebagai perusahaan yang berhasil meluncurkan telepon TV pertama di dunia. Dengan program tersebut, pengguna dapat menelepon sambil berkomunikasi lewat video link.

Hari demi hari terlewati, perkembangan jaringan komputer begitu pesat. Komputer yang membentuk jaringan yang besar harus memiliki sebuah protokol resmi. Oleh sebab itu, terciptalah If you are looking looking for the dates the horoscopes capricorn signs, there is a table half way down the page. sebuah Transmission Control Protocol (TCP) serta IP. Kemudian dikenalkan pula domain name system atau DNS. Pada 1987, pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan jumlahnya cukup banyak, lebih dari 10.000 pengguna.

Setahun kemudian, publik mengenal Internet Relay Chat atau IRC yang dikembangkan oleh Jarko Oikarinen dari Finlandia. Pengguna komputer terus bertambah hingga 100.000 pengguna. Kemudian, pada 1990 menjadi hari bersejarah karena telah ditemukan program browser bernama World Wide Web atau www yang dikembangkan oleh Tim Berners Lee. Tahun 1992, komputer telah terhubung satu sama lain dalam sebuah jaringan bernama Internet.

Tepatnya tahun 1994, telah ada situs-situs di internet yang dapat diakses oleh pengguna komputer. Saat itu, situs terkemuka pertama yang berhasil diciptakan adalah Yahoo! serta Netscape Navigator 1.0.
Cukup sampai di sini ulasan tentang sejarah jaringan komputer. Sangat panjang, memang. Dan, ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi yang kini berlaku di masyarakat tergolong pesat. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Anda pun dapat menyimak ulasan menarik lainnya tentang cara merawat komputer dan perangkat keras jaringan komputer. Terima kasih dan sampai jumpa.

0 komentar:

Posting Komentar