300x250 AD TOP

Services

Elegant Themes

Recent Posts

Kamis, 25 Februari 2016

Tagged under: , ,

Tips Sebelum Membeli iPhone, iPad atau iPod Touch Bekas(Second)


Berencana untuk membeli iPhone, iPad, atau iPod Touch bekas atau second hand? Membeli produk Apple yang statusnya bekas kalian harus berhati-hati dan jeli sebelum membelinya. Karena tidak jarang kita menemukan penjual/seller curang atau tidak jujur dengan barang yang mereka jual.

Applenesian akan memberikan beberapa tips untuk menghindari kalian dari iPhone atau iPad palsu atau cacad.

Persiapan Sebelum Bertemu Penjual


1. Bawa laptop kalian dengan iTunes versi terbaru. Ini penting banget.
2. Sediakan SIM Card 1 (Providernya terserah). Tidak perlu bawa jika membeli device inject.
3. Headphone 3.5 mm
4. Bawa temen (yang rada sangar di rekomendasiin) untuk jaga-jaga aja.

Now, That's what you should do

1. Mengecek Kondisi Fisik dan Fitur dari Device


Ini adalah step paling awal ketika kalian ingin membeli iPhone atau iPad bekas. Kali ngga maukan kalau salah satu fungsi tombol atau fitur yang seharusnya bisa tapi ngga bisa? Berikut hal-hal yang harus kalian lakukan.

A. Cek semua tombol yang ada, pastikan bekerja dengan baik (Tidak keras dan tidak lembek).

B. Cek logo Apple atau tulisan "iPhone" atau "iPad". Apabila tidak ada kemungkinan itu adalah device yang sudah cacad atau palsu.


C. Tancapkan headphone yang kalian bawa atau yang sudah disediakan oleh penjual. Kemudian putar sebuah lagu atau coba menelpon seseorang untuk memastikan fungsi headphone berjalan dengan baik.

D. Lakukan pengecekan charger dan baterai, pastikan semua berjalan dengan baik (untuk baterai tidak terjadi kebocoran daya)

E.  Kemudian cek fungsi kamera dan ambil beberapa gambar dari kamera tersebut

F. Dan terakhir, cek fungsi touch screen, pastikan tidak ada scratch atau dead pixel. (Jika kalian menemukan lagging pada saat melakukan pengetesan kemungkinan karena device memiliki sedikit ruang penyimpanan atau bermasalah pada iOS nya. Sebaiknya tanyakan kepada penjual untuk lebih lanjutnya).

Kalian juga dapat melakukan pengecekan body device

2. Mengecek Keaslian dari iPhone, iPad atau iPod Touch


Kalau kalian sudah memastikan kondisi fisik dan fitur dari device yang kalian ingin beli. Selanjutnya adalah pengecekan keaslian dari device. Bagaimana caranya?

A. Colokkan kabel usb ke device kemudian hubugnkan ke laptop kalian yang udah ada iTunes terbarunya. Jika iPhone atau iPad tersebut asli maka iTunes akan terbuka otomatis atau kalian dapat membuka iTunes secara manual, apabila tidak terdeteksi apa-apa bisa dipastika iPhone atau iPad yang akan kalian beli palsu.

B. Lakukan pengecekan IMEI atau Serial Number dari device, apakah valid atau tidak. Caranya kalian bukan website ini https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do. Kemudian masukkan IMEI atau Serial Number dari device yang kalian akan beli. Apabila muncul tulisan "We’re sorry, but this serial number is not valid. Please check your information and try again.bisa dipastikan device tersebut palsu.

Kalo asli akan muncul seperti gambar di bawah ini (Hanya contoh ya).



Oh iya untuk melihat IMEI nya kalian dapat melihat pada bagian belakang casing device atau mau yang lebih akurat buka menu Settings -> General -> About.


C. Untuk lebih meyakinkan kalau iPhone atau iPad yang kalian beli itu asli. Kalian buka App Store, apabila yang terbuka bukanlah App Store tapi Google Play Store bisa dipastikan device yang akan kalian beli iPhone atau iPad Super Copy.

D. Dan juga perlu diperhatikan nih. Untuk iPhone asli kalian tidak bisa membuka casing belakang tanpa menggunakan obeng khusu, sedangkan iPhone palsu di geser dikit ke belakan bisa dibuka.

E. Apabila kalian diberikan kesempatan untuk melihat komponen dalam device yang kalian beli. Kami ambil contoh untuk iPhone ya. Untuk iPhone yang asli memiliki baterai dengan ukuran yann panjang.

Kira-kira seperti ini


F. Terakhir adalah lakuakn Field Test Mode dengan mengetik angka *3001#12345#*, kemudian pilih call. Apabila device asli makan akan muncul menu Field Test dan sinyal akan berubah menjadi numerik, sedangkan device palsu tidak.


3. Mengecek Activation Lock pada iPhone, iPad atau iPod Touch


Ini penting banget. Jangan beli iPhone yang kena Activation Lock, kecuali emang kalian mau membayar untuk jasa bypass nya. Biasanya Activation Lock ini akan muncul ketika status iCloud dari device tersebut aktif. Untuk mengetahui apakah device yang akan kalian beli terkena Activation Lock atau tidak. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Cara ini buat kalian yang awam banget sama yang kayak beginian. Buka situs ini yang udah disedian Apple https://www.icloud.com/activationlock/. Setelah itu masukkan IMEI atau Serial Number dari device + captcha. Apabila hasilnya "Activation Lock : ON" berarti fungsi iCloud dari device tersebut aktif. Apabila sebaliknya, selamat device yang akan kalian beli aman.


2. Jika kondisi yang tidak memungkinkan untuk melihat website tersebut. Sebenernya gampang buat ngeliat Activation Lock ini. Suruh aja penjualnya buat reset devicenya, apabila muncul layar seperti gambar dibawah ini berarti Activation Locknya Aktif.


3. Selanjutnya kalian juga harus memastikan bahwa device tidak dalam keadaan Lost Mode. Biasanya peringatan Lost Mode ada ketika dalam lockscreen mode. Silahkan kunci device kemudian perhatikan, apakah ada notifikasi Lost Mode atau tidak. Contohnya kayak gini.


4. Mengecek Factory Unlock pada iPhone, iPad, atau iPod Touch


Hal ini perlu juga di cek kalo kalian ngga mau terpaku sama satu provider aja. Jika status device yang akan kalian akan beli dalam keadaan Factory Locked, maka otomatis kalian tidak dapat menggunakan provider lainnya selain provider default. Untuk melakukan pengecekannya kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka menu Settings. Kemudian pilih General > About untuk menemukan IMEI atau Serial Number

2. Buka situs ini http://www.imei.info/.

3. Pada halaman utama kalian masukkan IMEI atau Serial Number dari device. Kalo sudah klik "Check" (Proses pengecekan akan berlangsung kurang lebih 5 menit)

4. Setelah proses pengecekan berhasil kalian akan mendapat informasi dari device. Sekarang kalian pilih Simlock & Warranty


5.Done. Silahkan lihat apakah status dari device tersebut


5. Suruh Penjual untuk melakukan ...

Last, suruh penjual untuk melakukan hal0hal di bawah ini.

1. Reset semua konten dan setting. Caranya Settings > General > Reset >Erase All Content and Settings

2. Matikan fungsi Find My iPhone

3. Sign out iCloud apabila penjual menggunakannya

Kira kira itu aja yang harus kalian lakukan. Jadilah pembeli yang cermat dan teliti. Sekedar saran dari Applenesian nih ya. Jika melakukan pembelian dari situs online, pastikan penjualnya jelas asal usulnya. Cek semua testimoni tentang penjualnya juga kalo perlu. Udah ya capek nih. See ya.





Ref :http://www.applenesian.com/2015/02/tips-sebelum-membeli-iphone-ipad-atau-ipod-touch-bekas.html

2 komentar: